Minggu, 10 November 2013

Tulisan 5 - Hari Pahlawan SBY Pimpin Upacara di TMP Kalibata


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memimpin upacara memperingati Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu, (10/11). Presiden datang didampingi Ibu Negara  Ani Yudhoyono.

Pantauan merdeka.com, Presiden mengenakan jas berwarna hitam dipadupadankan dengan kopiah dengan warna senada. Sedangkan, untuk ibu negara sendiri tampil anggun dengan kebaya berwarna biru.

Wakil Presiden RI, Boediono yang turut hadir juga memakai setelan jas hitam. Wapres didampingi istri Herawati Boediono yang memakai kebaya putih.

Kepala Negara melakukan doa arwah dan mendengarkan sirine untuk mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya tepat pukul 08.10 WIB.

Setelah mengheningkan cipta, Presiden kemudian meletakkan karangan bunga di tugu pahlawan dan melakukan tabur bunga di makam sejumlah pahlawan, termasuk mantan Wakil Presiden Umar Wirahadikusumah dan Sudharmono.

Hadir pula jejeran menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid II, seperti Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menteri Sosial Salim Segaf Al-Jufri, Menteri Agama Suryadharma Alie, Menteri ESDM Jero Wacik, Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, Kapolri Jenderal Sutarman, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Gubernur DKI Joko Widodo dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Putut Eko Bayuseno.

Hingga pukul 09.05 WIB Presiden belum meninggalkan lokasi lantaran sedang mengadakan rapat internal dengan sejumlah pejabat.


Analisa :

Tulisan di atas menceritakan kehadiran SBY dan istri bersama pejabat lain ke TMP Kalibata untuk memperingati hari pahlawan. Penulis menggunakan paragraf deskriptif dalam artikel ini. Tulisan ini lebih menegaskan pada ciri atau gambaran SBY dan istri serta suasana di tempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar